Tuesday 26 May 2009

F2PB : bukan sekedar bikin film!

2

JANGAN NGAKU PECINTA FILM kalo ga kenal komunitas-komunitas film yang ada di sekitar kamu. Ya! F2PB adalah salah satu dari sekian banyak komunitas film yang ada di Bandung. Meskipun namanya ‘Forum Filmmaker Pelajar Bandung’, bukan berarti komunitas ini hanya ditujukan untuk anak SMA saja, semua orang yang ingin belajar bikin film boleh ko gabung di sini.

“Awalnya, aku sama beberapa temen, dulu tuh masih tergabung dalam Salman Film yang khusus untuk mahasiswa, cuman lama-kelamaan temen-temen yang anak SMA itu banyak yang berminat bikin film. Akhirnya Salman Film bilang gimana kalo kalian bikin forum lepas dari Salman Film yang khusus untuk pelajar SMA”, ungkap Ridla, mahasiswi Manajemen UPI yang juga salah satu pencetus F2PB. Akhirnya, forum ini resmi terbentuk tanggal 17 Agustus 2004. Dua sampai tiga tahun ke belakang, anggotanya mencapai 150 orang. “Sekarang yang terdaftar sekitar 50 orang dan yang aktif cuma 10 sampai 15 orang.”, ujar Ridla. Loh? Yang lainnya pada kemana?, “soalnya gini, waktu terbentuk kan mereka masih pada SMA, nah.. sekarang mereka udah pada kuliah, udah punya kesibukan masing-masing, udah punya kepentingan lain, jadi makin sedikit lah orang-orang yang fokus ke F2PB”, sambung cewe berkerudung ini.

Dari awal, mereka memang mendeskripsikan ‘pelajar’ di F2PB itu bukan hanya pelajar SMA, tetapi juga siapapun yang mau belajar bikin film. Sekarang ini, anggota mahasiswanya lebih banyak di banding pelajar SMA, malah ada yang udah kerja. “Asalkan mereka mau bergabung dan mau belajar bikin film, yuk! Sama-sama kita belajar di F2PB”, ajak Ridla.

Kumpulan orang-orang pecinta film ini tentu punya kegiatan yang jadi andalan mereka. Dari namanya aja udah bisa ditebak. Iya! Mereka jago banget bikin film. Gak cuma film panjang tapi juga berbagai jenis film lainnya. Seperti film pendek, film dokumenter, video clip, dan video art. Selain bikin film, F2PB juga sering ngadain banyak kegiatan semacam seminar atau workshop. Seperti yang diselenggarakan pada akhir April lalu, hasil kerjasama dengan Serunya (salah satu club penulisan skenario di Jakarta-red) yaitu Workshop penulisan skenario yang dikasih judul ‘Serunya Scripwriting Playgroup’.

Meskipun umur mereka terhitung muda, perjalanan mereka dalam membuat film bisa dibilang udah cukup panjang. Tahun 2005 saja temen-temen dari F2PB ini memproduksi film panjang ‘BEN’ yang dikirim ke Festival Film Cannes dengan kategori film pemula. Waah hebat banget ya! Tahun 2006 mereka masih bikin film panjang ‘GUE’ yang berhasil di launching di 13 Kota. Tahun 2007 nya, mereka agak kewalahan bikin film panjang, hehe.. tapi jangan sedih! Mereka tetap memproduksi film ko! Kali ini, mereka bikin dua film pendek sekaligus, yaitu ‘Kring-kring Oalah’ dan ‘Kaget’. Mereka juga bikin film dokumenter juga yang judulnya ‘Halo-halo Angkot Bandung’. Gak Cuma itu, mereka sempet bikin video clip nya Disconnected yang jadi Original Soundtrack GUE, yang judulnya ‘Glory’. Waah.. tahun 2007 kayanya jadi tahun yang produktif ya buat temen-temen dari F2PB. Oh iya, sekedar pengetahuan aja nih, F2PB pernah jadi juara 2 Film Anti Korupsi yang diadain sama KPK. Hebat banget kan? Nah, tahun 2008 ini, mereka juga udah memproduksi satu buah film pendek yang judulnya ‘Simpang Sabtu Sore’ dan juga dua buah video art yang dikasih judul ‘Globalization Means Poison’ dan ‘One Minute Indonesia’.
“Sebenernya sih, program tiap tahun kita selalu bikin film. Kalo dulu, waktu pertama kali kebentuk, kita pengennya tiap tahun bikin film panjang, tapi ternyata setelah dijalanin, susah! Akhirnya program tiap tahun, kita harus bikin film! entah itu film panjang atau film pendek”, jelas Ridla. Emang bener, sekarang aja mereka lagi ngegarap film panjang yang dikerjain bareng KFI (Konsorsium Film Indonesia). Bocoran dikit nih, film panjang yang satu ini bakal diputer di Blitzmegaplex, lho! Keren kan? selain itu F2PB juga lagi bikin sebuah film dokumenter yang ngambil tema ‘food not bomb’. Ga cuma itu ternyata, mereka juga bakalan bikin film bergaya omnibus (film panjang yang terdiri dari beberapa film pendek-red) yang masih digodok ide ceritanya. Rencananya film yang satu ini bakal digarap bulan Agustus mendatang.

“Kita bersyukur banget, perfilman Indonesia sekarang udah naik. Tapi yang kita sayangkan adalah keseragaman tema dan sebagian orang yang gak punya visi dalam membuat film. Mereka hanya berbisnis di dunia ini, bukan memajukan Indonesia tapi malah mencari keuntungan.”, ucap Ridla. Wah wah.. F2PB ternyata emang concern banget sama urusan yang satu ini. Sebagai filmmaker sejati, mereka punya idealisme sendiri dalam membuat film. “Tema yang kita angkat selalu sehat, dalam arti tidak memicu perbuatan negatif dan dapat memberikan inspirasi bagi setiap orang yang menontonnya” jelas Ridla.

“Tema yang diangkat selalu sehat, dalam arti tidak memicu perbuatan negatif dan dapat memberikan inspirasi bagi setiap orang yang menontonnya”

“Harapan F2PB sendiri, kita pengen terus berkarya, terus memberikan kontribusi, dan pastinya memajukan film Indonesia”, ucap Ridla, dengan semangat. “Gak cuma itu, kita juga berharap, kita bisa belajar tentang hidup di F2PB”. Tuh kan.. bikin film bareng mereka ga sekedar bikin film, tapi juga belajar tentang hidup dan pasti banyak banget pengalaman yang bakal didapet.

Buat kalian yang cinta banget sama film dan tertarik buat terjun ke dunia perfilman, tunggu apalagi? F2PB lagi ada proyekan baru nih dan udah pasti bakalan open recruitment. Kamu bisa gabung dan belajar gimana caranya bikin film yang asik, sehat, dan tentu bisa memberikan inspirasi buat semua orang yang menontonnya. Nah.. kalo penasaran pengen ngobrol-ngobrol sama temen-temen dari F2PB, langsung aja dateng ke Rumah Kayu kompleks Mesjid Salman ITB. Buat temen-temen F2PB, ditunggu loh karya selanjutnya.. sukses!

2 comments:

ridho said...

ada film nbaru g dari F2PB hmmm ?? kbar-kabari y... haha

POPCORN said...

ada! judulnya BENTING. screening pertamanya di Surabaya. tunggu aja review nyaa : )

Post a Comment

recent post

recent comments

popcorn