Thursday, 18 June 2009

1stScenefest : Ajang Temu Komunitas Film Se-Jatinangor

7

Kalau Kamis (11/6) kemarin Cinemaks bikin screening film di Korban Kopi Jatinangor, sekarang giliran pengumuman pemenangnya. Ya! Awarding Social Phenomenon Film Festival atau 1stSceneFest ini digelar Sabtu siang di Gedung B lantai 2 Kampus Fisip Unpad.

Suasana siang itu memang sepi. Maklum, mahasiswanya udah pada beres UAS. Tapi setelah acara dimulai, kampus jadi ramai dikunjungi mahasiswa dari luar kampusnya. Ada temen-temen dari Cinematography Club Fikom, Forum Filmmaker Pelajar Bandung, TNT, Komunitas Lenting juga ikut meramaikan suasana. Tidak hanya mereka, tapi ada juga yang datang jauh-jauh dari Jogjakarta, yaitu dari Kineklub dan dari Universitas Atmajaya.

Dari 14 film pendek fiksi yang masuk, panitia memilih 5 film terbaik. “Benting” karya temen-temen F2PB meraih penghargaan best editing, “Raung Ruang” karya Komunitas Lenting meraih best cinematography, Ridho Aditya di filmnya “PSK” berhasil meraih penghargaan best acting, Robby Prasetyo meraih penghargaan best directing dalam filmnya "Ice Cone", dan film “Ice Cone” pula yang dinobatkan sebagai film terbaik. Wah, selamat ya buat para pemenang!

Sayangnya, siang itu, ketiga juri yaitu Dosen Kesejahteraan Sosial Pak Herry Wibowo, Gustaff Iskandar dari Commonroom dan Ariani Darmawan dari Kineruku berhalangan hadir. Yah padahal Popcorn pengen banget dengerin paparan para juri, kenapa kelima film ini bisa jadi pemenang. Bisa jadi bahan evaluasi juga kan.. hehe. Peserta yang tidak hadir di malam screening juga sempet kecewa karena film yang terpilih sebagai best movie tidak diputar di akhir acara.

Antusiasme temen-temen jatinangor terhadap film ini tampaknya sedang menggeliat. Buktinya, terbentuk Komunitas Lenting dan Serikat Pilm Djatinangor (SPD). Meskipun bentuknya komunitas dan anggotanya tidak banyak, tapi seenggaknya hal itu sudah menunjukkan ketertarikan temen-temen Jatinangor terhadap film.

Lenting misalnya. Komunitas ini terbentuk pada Desember 2008 dan siapa saja boleh gabung. “Sebenarnya kita fokus ke dokumenter, tapi kali ini masukin fiksi,” ujar haris salah satu anak Lenting yang juga berpartisipasi 1stSceneFest hajatan anak Kesejahteraan Sosial Fisip itu. .

Melihat antusiasme peserta, Cinemaks berencana untuk terus mengadakan festival film setiap tahunnya. Festival film pertama anak-anak Cinemaks ini bisa jadi satu wadah untuk mempertemukan temen-temen komunitas film di Jatinangor. Semoga aja komunitas-komunitas ini bisa terus maju dan berkaya ya. Tetap semangat! (link)

7 comments:

BAGAS CINEMAKS said...

hhohhoy thx bwt liputannya...

gw ucapin trima kasih bwt kalian2 yg udah ikut partisipasi acra 1stSCENEFEST....

bwt lingga txh bwt liputanya..

POPCORN said...

sama-sama! hehe.
sukses ya buat Cinemaks..

Abdal said...

Saya pikir yang belum terjawab hingga saat ini, bagaimana film-film yang "belum" / tidak termasuk arus industri film itu, bisa dinikmati oleh lebih banyak orang. Kamu tahu jawabannya? 'Rumput yang bergoyang' sudah malas untuk ditanya.

Abdal said...

Salut buat penyelenggara scenefest kemarin.
Hebat deh pokoknya!

GIE said...

wah wah mantap..
maju terus n sukses selalu

asusila said...

mari kita berdoa semoga banyak lagi festival2 selanjutnya...hehehehehhee

eh ada nama gw no...disebut2...hehehehhe

POPCORN said...

amin amin. nama siapa ya? ga ada tuh! haha

Post a Comment

recent post

recent comments

popcorn