Saturday, 6 June 2009

Event : 1stSceneFest

8

Beruntung buat movielovers yang lahir di era kebebasan seperti saat ini. Movielovers bisa bebas berpendapat, bebas mengapresiasi, dan yang pasti bebas berkarya. Seperti semangat yang diusung oleh salah satu kompetisi film documenter dan film fiksi, 1stSceneFest. Kompetisi yang digelar oleh Cinemaks, UKM cine klab di jurusan Kesejahteraan Sosial Unpad ini mengangkat tema tentang fenomena sosial. Sengaja disesuaikan dengan bidang kajian jurusan mereka. Kompetisi ini terdiri dari dua kategori, yaitu untuk pelajar dan umum.

“Kita juga ada peserta dari kine klab Atmajaya Jogja,” ungkap Bagas, Ketua Cinemaks.
Meski 1stSceneFest ini baru pertama kali digelar, namun antusias dari peserta sudah cukup menjanjikan.

Juri yang akan terlibat dalam penilaian kompetisi film documenter dan fiksi ini adalah Mbak Rani dari Kineruku, Mas Gustav dari Commonroom, dan Pak Herry Wibowo, dosen mata kuliah Psikologi di jurusan Kesejahteraan Sosial Unpad. Total hadiah yang diperebutkan sejumlah 1,5 juta. Hmm…lumayan juga tuh..sambil belajar bikin film sambil dapet duit juga hehe..


Buat movielovers yang mau lihat screeningnya, langsung aja dateng tanggal 11 Juni besok, jam 22.00 WIB di Korban Kopi, Jalan Raya Jatinangor. “Untuk screening kita kerja sama dengan Korban Kopi dan untuk awardnya kita adain di Gedung B301 FISIP Unpad.”

Cinemaks berharap dengan digelarnya 1stSceneFest ini dapat menambah pengalaman dan pengetahuan anggota Cinemaks dengan cara sharing dengan komunitas-komunitas lain. Saat ditanya rencana ke depan, Bagas berharap Cinemaks bisa melebarkan sayap ke tingkat nasional dan bisa menunjukkan pada masyarakat bahwa Jatinangor pun punya komunitas film yang aktif dan gak kalah dengan kine klab di Bandung. Wah..boleh juga nih semangatnya..

Dan buat movielovers yang gak keburu ikutan 1stSceneFest tahun ini…gak perlu khawatir karena 1stSceneFest bakal hadir setiap tahun, tentunya dengan tema dan nama yang berbeda. 2ndSceneFest mungkin? Yap, kita tunggu aja. Sukses buat Cinemaks!(achie)

8 comments:

wulan martasasmita said...

waw! setuju nih event nya bagus. Kalo bisa banyakin ajah event-event yang sejenis biar anak-anak muda kita makin kreatif dan inovatif.
Go POPCORN! Go CINEMAKS!

POPCORN said...

thanks for comment wulan,
oh ya kalo mau lihat screening film-film yang jadi finalis 1stSceneFest dateng ajah ke Korban Kopi, jalan raya Jatinangor, tanggal 11 Juni besok jam 10 malem. Bisa dilihat di calender event popcorn.

Abdalah Gifar said...

Iya saya tahu kompetisi ini...kebetulan ikutan juga,hehehe...sedikit mengoreksi, 1stSceneFest itu tak hanya untuk film dokumenter, malah yang lebih banyak punya porsi adalah film fiksi.
Ditunggu yak pengurus (ya'elah pengurus) Popcorn untuk datang ke screening-nya. Kebetulan film saya juga diputar di sana,hehehe...khususnya buat Achie, mau tau ilustrasi musik kamu jadi kayak gimana? datanglah ke sana,hehehe...

UcVOFYAgu9bvBbMq4x88tQEBh0gEVrhB_S4HlvJ5C8Rn said...

wah mau dateng dng... hmm..

POPCORN said...

abdalah gifar: makasih buat tambahannya.. :)
okey ketemu di sana ya..!

Andhika Perdana Z S said...

Hmmm...
Saya sangat senang dengan adanya lomba pembuktian kreativitas bagi kaum muda pencinta film. Ajang ini juga bisa menjadi tempat aktualisasi diri bagi mereka. Kebanyakan film-film yang sering digarap saat ini adalah film yang menonjolkan sisi modernisasi dan globalisasi. Saya hanya berharap para kaum muda penggarap film-film ini dapat lebih kritis dan skeptis dalam ide ceritanya. Mudah-mudahan mereka tidak meninggalkan sisi budaya yang sama-sama kita miliki, yakni budaya nasional.

beeryeah said...

semoga sukses ya buat acaranya.. :)

amaliadwiputri said...

TWO THUMBS UP!
semanggaaatt buat semua panitia dan peserta..
semoga bisa merubah paradigma masyarakat tentang perfilman indonesia..kita ga kalahh kok sama film2 luar sannaa, tinggal prove'nya aja..hehe

luarr biasa kalo ga cuma sampe disini.. moga aja bnyk pihak jd terinspirasi ama acara ky gini.. jadi kedepannya bisa dikembangin lagi dengan cakupan yg lebih luass..yang muda yang berkarya! semanggatt!

smgt juga bwt my best best best friend d fikom unpad..! miss u all :))

Post a Comment

recent post

recent comments

popcorn