Monday 1 June 2009

The Pianist (2002)

0

Film karya sutradara Roman Polanski ini diinspirasi dari sebuah memoir karangan Wladyslaw Spilzman, seorang pianis Yahudi Polandia. Film ini menceritakan perjuangan seorang musisi terkenal untuk bertahan hidup di masa peperangan Nazi. Wladyslaw (Andrien Brody) adalah pianis terkenal yang juga bekerja di radio Polandia. Di tahun 1939, radio tempat ia bekerja di bom oleh serangan Nazi. Ia menyadari, bendera perang Inggris dan Perancis telah berkibar untuk Jerman. Ia memutuskan pulang ke kampungnya dan berusaha menemui keluarganya.

Dan di tahun 1940, Nazi menyerang perkampungan Yahudi di Warsawa, kelaparan, terror, dan kematian pun mereka hadapi. Bahkan sebagian dari mereka dikirim ke kamp konsentrasi. Beruntung bagi Wladyslaw, berkat bantuan seorang perwira Jerman ia bisa selamat dari incaran sweeping.

Sejak itulah ia terpisah dari keluarganya dan perjuangannya untuk bertahan hidup seorang diri pun dimulai. Dalam persembunyiannya, ia menyaksikan banyak tindak kekejaman yang dilakukan pasukan Schutzstaffel.

Di akhir film movielovers akan dimanjakan oleh penampilan Wladyslaw Spilzman dalam konsernya di Warsawa yang membawakan lagu Chopin-Grande Pollonaise Briliante in E flat major. Film yang berhasil menyabet dua penghargaan ini, Palme d'Or di Festival Film Cannes dan Penghargaan Oscar, jadi salah satu film wajib tonton pilihan Popcorn bulan ini. Selain ceritanya based on a true story, film ini juga memuat nilai sejarah yang dikemas secara menarik. Sambil nonton, sambil belajar sejarah…wah wajib dicoba tuh movielovers!

0 comments:

Post a Comment

recent post

recent comments

popcorn